iklan toyota photo Iklan-toyota.gif
BERITA TERKINI :
Home » » Facebook Gayus Tambunan Asli atau Palsu?

Facebook Gayus Tambunan Asli atau Palsu?

Jakarta, News Police Line—

Gayus Tambunan yang sedang dicari oleh polisi terkait makelar kasus yang diungkap oleh Suno Duadji tiba-tiba muncul di Facebook. Apakah akun itu asli?.

CEO perusahaan keamanan Vaksin.com Alfons Tanujaya mengatakan jika ingin mengetahui apakah akun itu palsu atau asli pasti bisa dilakukan. Tapi untuk mengetahui harus ada kerja sama dengan pihak Facebook dan ISP. 

“Jadi, saat individu menginput data, posting wall dan sebagainya secara langsung akan dicatat pihak Facebook. Semua tindakan yang kita lakukan di Facebook, pasti ada record nya dimereka. Setelah dapat data, maka bisa dilacak dari ISP mana,” katanya di Jakarta .

“Setelah ISP diketahui, maka tahu pada jam, menit dan detik pengguna memasukkan data ke Facebook posisinya di mana. Dari sana kita dapat mencocokkannya dengan data sebenarnya. Kalo si ISP dari Jakarta Selatan, dan ternyata di lokasi tersebut tidak ada X, maka itu adalah akun bohongan,” tambahnya.

Alfons mengatakan perlu waktu sekitar satu bulan untuk mengetahui. Tapi hal itu juga tergantung data ISP bisa tersedia dengan cepat atau tidak. “Facebook milik Amerika Serikat jadi kalau orang awam memang sulit, tapi saya rasa pihak berwenang dapat melakukan tindakan ini. menghubungi pihak ISP, Facebook dan pihak terkait lainnya,.” katanya

Namun Alfons mengatakan ada cara lain nemun sedikit rumit, yaitu dengan analisis data. Dari Facebook maka pihak berwenang dapat memperoleh data pertemanan, posting, alamat, data pribadi dan sebagainya. 

“Bagi mereka yang sudah biasa analisis data, pasti mengerti ini akun asli atau bukan. Misal X tidak punya teman dari Afrika, terus teman temannya dari Afrika itu sudah petunjuk , masih banyak aspek lain yang bisa diteliti,” ulasnya.

Facebook yang mengatasnamakan Gayus Tambunan muncul pada Jumat (26/3). Dalam postingnya ‘Gayus’ menulis ungkapan penyesalan.

"KENAPA AKU SENDIRI YANG DAPAT GETAHNYA? UANG AKU BAGI BAGIKAN ... APA AKU KARENA ORANG SIPIL? SEDANG PEJABAT POLISI TIDAK? DIMANA KEADILAN? SEMUANYA BERAWAL DARI PEJABAT POLRI BRENGSEK!!!! MEMANG BENAR APA YG DIKATAKAN BPK SESNO... AKU MEMANG SALAH, TAPI SEMUA NYA JUGA TERLIBAT."

Gayus merupakan pegawai negeri sipil (PNS) golongan IIIA di Direktorat Jenderal Pajak. Dia diduga melakukan penggelapan pajak setelah temuan rekeningnya terdapat dana Rp25 miliar. Kasus Gayus mencuat setelah mantan Kabareskim Susno Duadji mengungkap adanya praktek makelar kasus di tubuh Polri.
[INILAH.COM /ito]



Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Police Line - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger